Cara Merawat Lantai Epoxy Dengan Benar

Cara merawat lantai epoxy dengan benar merupakan salah satu hal terbaik ketika Anda menginginkan cat epoxy tahan lama. Hal ini untuk mengurangi kerusakan yang mengharuskan untuk diperbaiki dengan biaya yang tidak murah. Tentunya mengganti lantai akan menghabiskan biaya dan waktu yang tidak sedikit pula. Jika Anda ingin menggunakan cat epoxy pilihlah yang memiliki kualitas terjamin dan mutu yang terbaik.

1. Cara Merawat Lantai Epoxy Secara Umum

Secara umum, pengerjaan cat epoxy membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini perlu diimbangi dengan perawatan yang dilakukan. Jika perawatan benar maka hasilnya akan tahan lama dan mudah untuk dibersihkan. Dapat di ambil kesimpulan begitulah cara merawat lantai epoxy secara umum.

Namun beda halnya jika tidak dirawat maka akan mengalami kerusakan maupun ketidaksempurnaan. Jika Anda mengalami hal tersebut maka perlu untuk melakukan perawatan sejak dini. Hal-hal terkait dengan perawatan bisa Anda pelajari dari artikel ini.

Pertama rajinlah membersihkan lantai seminggu sekali agar terhindar dari debu dan kotoran. Debu yang terdapat diatas lantai apabila tergesek benda maka akan mengurangi kualitas epoxy. Anda bisa menggunakan sikat dengan bulu yang lembut. Dengan begitu permukaan lantai akan lebih bersih dan tidak menimbulkan goresan di atas lantai.


Baca Juga :


Cara merawat lantai epoxy yang berikutnya berikan cairan asing menggunakan kain yang lembut agar tidak licin dan tetap bersih. Jika diperlukan gunakanlah pembersih lantai yang telah terjual di pasaran. Cairan yang berupa minyak atau bahan kimia lainnya bisa dihilangkan dengan pembersih lantai tersebut. Dengan kain yang lembut maka cairan dapat segera dibersihkan. Sebab apabila cairan tersebut diberikan akan merusak lapisan cat epoxy yang telah dikerjakan.

Ketiga menggunakan vacuum cleaner apabila diperlukan. Hal ini biasa digunakan dalam skala pabrik untuk membersihkan lantai. Karena harga cat epoxy cukup mahal, sehingga lebih baik digunakan dalam skala yang besar. Kegunaannya sendiri untuk menyedot debu yang biasanya tidak terlihat oleh mata. Untuk hasil yang maksimal disarankan menggunakannya dalam satu bulan sekali.

Cara Merawat Lantai Epoxy
Cara Merawat Lantai Epoxy

2. Trik Merawat Agar Warna Epoxy Tidak Mudah Pudar

Untuk merawat hasil epoxy sebaiknya gunakan beberapa trik agar tidak mudah pudar dan tetap awet. Anda harus merawatnya secara rutin agar epoxy ini tahan lama dan Anda bisa menggunakannya dengan bantuan orang lain.

Secara sederhana anda dapat melakukan pembersihan epoxy lantai coating menggunakan handuk atau lap bersih. Hal itu digunakan untuk membersihkan debu-debu yang mengakibatkan kerusakan pada lantai.

Kemudian Anda bisa menggunakan pembersih lantai berupa cuka atau jeruk nipis. Kandungan kimia yang terdapat dalam kedua bahan tersebut akan mengangkat kotoran yang terdapat di atas permukaan lantai. Selain itu pembersih dengan bahan sabun juga akan mengangkat kotoran yang mengandung minyak atau noda membandel.

3. Cara Pencegahan Epoxy Lantai Rusak dan Kotor

Lalu kita lanjutkan bagaimana cara merawat lantai epoxy dengan pencegahan ya. Untuk menghindari kerusakan yang terjadi, seharusnya Anda bisa berinisiatif untuk melakukan pencegahan terhadap lantai epoxy. Hal ini digunakan agar lantai tetap awet dan tahan lama serta memiliki bentuk yang selalu bagus. Pencegahan untuk mengurangi kerusakan bisa Anda gunakan dengan cara sebagai berikut ini.

Pertama pastikan bahwa lantai dalam keadaan kering ketika akan dilewati barang atau orang sehingga Anda bisa menggunakannya setelah dibersihkan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi debu yang akan terbawa oleh barang tersebut. Anda bisa berinisiatif menggunakan papan panjang dan menutupnya agar terhindar dari orang atau barang yang lewat. Selanjutnya apabila diperlukan, Anda bisa menggunakan mesin pendongkrak untuk membawa barang.

Kedua, Anda bisa menggunakan welding mat agar tidak ada bekas yang tersisa pada epoxy lantai. Sebaiknya gunakan ini diatas lantai agar lantai juga terlindungi dari sesuatu yang melewatinya. Kemudian, Anda harus giat menyediakan alas kaki atau keset. Hal ini untuk menjaga kebersihan lantai dan menjadikannya tetap dalam keadaan terhindar dari debu. Jadi bagaimana? Apakah Anda sudah mengerti bagaimana atau tahu cara merawat lantai epoxy dengan benar?

Lantai Kokoh dan Awet Dengan Layanan Rinjani Epoxy

Hampir sama dengan sebelumnya, dalam melakukan pembersihan lantai agar mengkilap anda bisa menggunakannya berbagai macam cara merawat lantai epoxy. Hal ini digunakan untuk menghindari terjadinya kekusaman lantai. Pertama anda harus mengepelnya secara benar, hal ini agar mengurangi pekerjaan yang tidak sia-sia. Dengan cara membersihkannya 2 kali dalam sehari maka lantai nanti akan mengkilap secara bagus.

Mengepel dengan baik bisa Anda lakukan dengan cara mencelupkan alat pel ke ember yang berisi campuran bahan pel. Kemudian peras hingga kering dan lakukan pengepelan pada lantai. Kemudian Anda bisa menggunakan pembersih yang aman dengan cara memilih pembersih yang terbaik di pasaran. Anda harus berhati-hati dalam memilih karena sekarang banyak tersedia pembersih yang justru meninggalkan noda hitam.

Selain itu jangan membiarkan noda tetap membandel yaitu dengan cara membersihkannya dengan baik. Jika Anda menggunakan pembersih, usahakan untuk membersihkan noda yang membandel seperti tumpahan minyak atau noda kotoran mesin. Jika sudah maka perlu untuk membersihkan dengan baik. Anda bisa meminta bantuan terhadap jasa epoxy lantai dari Rinjani Epoxy apabila kesusahan dalam membersihkan noda maupun kotoran.